Halaman

Tuesday, March 29, 2005

Nge-blog Aja Deh !!!

Introducing the Blog

Buat saya, memiliki 'blog' pribadi seperti punya 'buku diary' kedua. Padahal buku-buku diary yang ada di rumah pun udah numpuk tinggi banget !!!

Pertama kali kenal 'dunia para bloggers' ini dari teman, namanya Ifat. Waktu itu saya belum kerja di kantor seperti sekarang. Tapi memang rajin banget ke warnet, buat apply lowongan kerja, atau sekedar cek email dan chatting dengan beberapa orang teman. Waktu itu, saya berandai-andai...duh, kapan ya bisa online tiap hari di kantor dan bisa bebas nge-blog???

Beberapa bulan setelahnya, saya diterima bekerja di Eramuslim. Rasanya? Kayak mimpi banget gitu loh!!! Bisa online setiap saat (karena memang tugasnya selalu berhubungan dengan internet sih!) dan bisa nge-blog sepuas hati. Setiap hari, saat baru tiba di kantor, saat jeda istirahat, dan di sela-sela kesibukan,...saya selalu menyempatkan diri untuk 'melirik' dan 'menulisi' blog tercinta.

My (new) Dear Diary

Hampir setiap waktu 'curhat' di blog, bahkan 'curhatan' itu seringkali jadi inspirasi untuk bikin artikel baru. Rasanya saya jadi lebih produktif menulis sejak memiliki My (new) Dear Diary. Sebab, setiap ada kalimat 'lucu' dan 'seru' yang terlintas di kepala, sebisa mungkin langsung dituangkan dalam blog. Apapun itu. Akibatnya adalah, 'buku diary' tersayang nganggur bersama tumpukan buku di rak.

Menuliskan setiap isi hati dan kepala pada blog tercinta, rasanya seperti sedang ngobrol dengan teman dekat. Ia bisa jadi cermin, yang memperlihatkan tiap 'emosi' yang telah menandai sebuah proses pembelajaran diri dari waktu ke waktu. Saya belajar banyak dari 'blog pribadi' ini. Bukan saja tulisan saya sendiri yang menggambarkan hampir semua kesan, perasaan, dan rasa sedih serta gembira saya pada tiap peristiwa, melainkan juga tiap komentar dan sapaan yang telah banyak membantu saya untuk berpikir dan merenungkan kembali apa-apa yang telah saya tulis di sana. Apakah tulisan-tulisan tersebut hanya menjadi 'sebatas curhatan' yang akan menambah deret masalah dan memusingkan semua yang membaca, ataukah ia telah berhasil mencerahkan dan menjadi dorongan positif bagi mereka?

Memiliki 'blog' ini, adalah berbeda dari sekadar hanya menumpahkan setiap uneg-uneg dengan sesuka hati kemudian menutupnya rapat-rapat agar tak dibaca orang lain. Sebab saya selalu berusaha menampilkan apa adanya semua yang saya pikirkan dan renungkan. Sejujur-jujurnya, dari hati terdalam. Karena hikmah itu tak mungkin saya miliki sendiri.

Meraih Mimpi Yuk !

Saya ingin jadi penulis! Dan mimpi itu akan berusaha saya wujudkan. Salah satunya, dengan menulis, menulis, dan terus menulis. Menghargai setiap lintasan ide yang 'belum jadi apa-apa', dan menuangkannya ke dalam 'blog' ini. Itu salah satu cara saya mengasah kebiasaan untuk tak henti menulis dan tidak menyepelekan tiap ide yang 'menari-nari' di hadapan mata maupun di benak dan pikiran.

Entah itu 'curhat', artikel singkat(oleh karenanya saya selalu disebut sebagai: si sensitif dan melankolis), atau puisi (kata teman-teman, sejak nikah saya tambah jago 'ngegombal').

Mungkin ada sebagian yang berpendapat miring mengenai para blogger, dan mengatakan bahwa hal ini adalah sebuah kesia-siaan saja. Namun bagi saya, setiap hal bisa menjadi 'peluang'. Dan setiap yang membawa manfaat untuk diri sendiri (dan juga orang lain) adalah sangat sayang untuk ditinggalkan. Siapa tahu, para blogger ini akan menjadi fenomena tersendiri dan menciptakan 'genre' baru dalam dunia kepenulisan. Nah, saya tak mungkin melewatkannya begitu saja, kan?!

Mau mendapat peluang, banyak teman, bisa 'curhat', nambah inspirasi, nampung ide,...pokoknya nge-blog aja deh!!!

1 comment:

Anonymous said...

Semoga Sukses jadi penulis terkenal... ngga ada yg sia-sia bila perbuatan / usaha kita di awali dgn niat yg baik..